Jumat, 19 April 2013

Komputasi Modern


Nurul Fajarini
54409402
4IA23

Definisi komputasi modern
Terdapat dua kata dalam Komputasi modern yaitu komputasi dan modern.Komputasi adalah  cara untuk menemukan pemecahan permasalahan dari data input dengan suatu algoritma. Komputasi merupakan subbagian dari matematika. Disebut modern karena menggunakan alat canggih saat menyelesaian masalah. Jadi Komputasi modern adalah perhitungan yang menggunakan komputer canggih dimana pada computer tersebut tersimpan sejumlah algoritma untuk menyelesaikan masalah perhitungan secara efektif dan efisien. Selain itu Komputasi modern digunakan untuk memecahkan masalah antara lain untuk menghitung akurasi (bit, floating point), kecepatan (dalam satuanHz), problem volume besar (paralel), modeling (NN dan GA) dan kompleksitas (menggunakan Teori Big O).

Sejarah Komputasi Modern
George stibitz secara internasional diakui sebagai ayah dari komputer digital modern.
sementara bekerja di laboratorium bel di November 1937, stibitz menciptakan dan membangun sebuah relay berbasis kalkulator ia dijuluki sebagai "model k" (untuk "meja dapur", di mana dia telah berkumpul itu), yang adalah orang pertama yang menggunakan sirkuit biner untuk melakukan operasi aritmatika. Kemudian model menambahkan kecanggihan yang lebih besar termasuk aritmatika
dan kemampuan pemrograman kompleks.

Salah satu tokoh yang sangat mempengaruhi perkembangan komputasi modern adalah John von Neumann (1903-1957), Beliau adalah ilmuan yang meletakkan dasar-dasar komputer modern. Von Neumann telah menjadi ilmuwan besar abad 21. Von Neumann memberikan berbagai sumbangsih dalam bidang matematika, teori kuantum, game theory, fisika nuklir, dan ilmu komputer yang di salurkan melalui karya-karyanya . Beliau juga merupakan salah satu ilmuwan yang terkait dalam pembuatan bom atom di Los Alamos pada Perang Dunia II lalu. Kegeniusannya dalam matematika telah terlihat semenjak kecil dengan mampu melakukan pembagian bilangan delapan digit (angka) di dalam kepalanya.

Von Neumann dilahirkan di Budapest, ibu kota Hungaria, pada 28 Desember 1903 dengan nama Neumann Janos. Dia adalah anak pertama dari pasangan Neumann Miksa dan Kann Margit. Di sana, nama keluarga diletakkan di depan nama asli. Sehingga dalam bahasa Inggris, nama orang tuanya menjadi Max Neumann dan Margaret Kann. Max Neumann memperoleh gelar dan namanya berubah menjadi Von Neumann. Max Neumann adalah seorang Yahudi Hungaria yang bergelar doktor dalam ilmu hukum. Dia juga seorang pengacara untuk sebuah bank. Pada tahun 1903, Budapest terkenal sebagai tempat lahirnya para manusia genius dari bidang sains, penulis, seniman dan musisi.

Pada tahun 1921, Von Neumann disekolahkan ayahnya ke Universitas Berlin untuk menjadi insinyur teknik kimia. Berselang dua tahun kemudian ia melanjutkan pendidikan ke Zurich. Sebenarnya Von Neumann kurang tertarik dengan bidang kimia atau bidang engineering, namun ayahnya mendorong dia untuk mempelajari kimia. Pada waktu itu teknik kimia sedang populer dan menjanjikan karier yang cerah bagi para insinyurnya. Oleh karena itu, ayahnya mengharuskan Von Neumann mengikuti pendidikan kimia tanpa gelar selama dua tahun di Berlin, lalu melanjutkan di Eidgennossische Technische Hochschule (ETH) Zurich pada bidang yang sama. Ujian masuk ETH terkenal sulit, bahkan Albert Einstein pernah gagal dalam ujian masuk di tahun 1895 dan berhasil lulus pada ujian tahun berikutnya.

Keinginan Von Neumann untuk mempelajari matematika dilakukannya pada musim panas setelah studinya di Berlin dan sebelum masuk ETH Zurich. Dia menjadi mahasiswa program doktor pada Universitas Budapest. Tesis doktornya bertemakan aksiomasisai teori himpunan (set theory) yang dikembangkan George Cantor. Pada masa itu, set theory merupakan salah satu topik 'menantang' di dunia matematika.

Di tahun 1926 pada umur 22 tahun, Von Neuman lulus dengan dua gelar yaitu gelar S1 pada bidang teknik kimia dari ETH dan gelar doktor (Ph.D) pada bidang matematika dari Universitas Budapest.

Von Neumann sangat tertarik pada hidrodinamika dan kesulitan penyelesaian persamaan diferensial parsial nonlinier yang digunakan, Von Neumann kemudian beralih dalam bidang komputasi. Von Neumann menjadi seorang konsultan pada pengembangan komputer ENIAC, dia merancang konsep arsitektur komputer yang masih dipakai sampai sekarang. Arsitektur Von Nuemann adalah seperangkat komputer dengan program yang tersimpan (program dan data disimpan pada memori) dengan pengendali pusat, I/O, dan memori.

Manfaat Komputasi Modern
Dengan adanya komputasi modern, terdapat banyak manfaatnya, yaitu
-      Perhitungan-perhitungan kompleks yang bisa mencapai ribuan data dapat dengan mudah dikerjakan manuisa dengan bantuan komputer. Hal ini tentunya dapat mengurangi waktu, biaya dan lain sebagainya.
-      Lahirnya komputer dapat membantu pekerjaan manusia, dalam berbagai bidang. Misalnya pada bidang kedokteran, pertanian, astronomi, teknologi, ekonomi dan lainnya. Bahkan komputer sekarang telah ada dalam hampir semua bidang di dunia ini.

Macam-macam Komputasi Modern

1. Mobile computing

Mobile computing atau komputasi bergerak memiliki beberapa penjelasan, salah satunya komputasi bergerak merupakan kemajuan teknologi komputer sehingga dapat berkomunikasi menggunakan jaringan tanpa menggunakan kabel dan mudah dibawa atau berpindah tempat, tetapi berbeda dengan komputasi nirkabel.

Dan berdasarkan penjelasan tersebut, untuk kemajuan teknologi ke arah yang lebih dinamis membutuhkan perubahan dari sisi manusia maupun alat. Dan dapat dilihat contoh dari perangkat komputasi bergerak seperti GPS, juga tipe dari komputasi bergerak seperti smart phone, dan lain sebagainya.

2. Grid computing

Komputasi grid menggunakan komputer yang terpisah oleh geografis, didistibusikan dan terhubung oleh jaringan untuk menyelasaikan masalah komputasi skala besar.
Ada beberapa daftar yang dapat dugunakan untuk mengenali sistem komputasi grid, adalah :
-      Sistem untuk koordinat sumber daya komputasi tidak dibawah kendali pusat.
-      Sistem menggunakan standard dan protocol yang terbuka.
-      Sistem mencoba mencapai kualitas pelayanan yang canggih, yang lebih baik diatas kualitas komponen individu pelayanan komputasi grid.

3. Cloud computing

Komputasi cloud merupakan gaya komputasi yang terukur dinamis dan sumber daya virtual yang sering menyediakan layanan melalui internet.

Komputasi cloud menggambarkan pelengkap baru, konsumsi dan layanan IT berbasis model dalam internet, dan biasanya melibatkan ketentuan dari keterukuran dinamis dan sumber daya virtual yang sering menyediakan layanan melalui internet.


Referensi :

Minggu, 24 Maret 2013

Komputasi Modern Pada Web Site TOKO GRAMEDIA ONLINE


Nurul Fajarini

54409402

4IA23

Toko buku gramedia merupakan suatu perusahaan toko buku terbesar yang memiliki jaringan terbesar pula. Toko gramedia banyak kita temukan di Jakarta dan di kota-kota besar di Indonesia, bahkan juga terdapat di Negara Malaysia.  Toko buku Gramedia didirikan pada 02 Februari 1970 oleh P.K. Ojong, dengan misi Ikut serta dalam upaya mencerdaskan bangsa dengan menyebarluaskan pengetahuan plus informasi melalui berbagai sarana usaha ritel dan distribusi buku, alat sekolah dan kantor serta produk multimedia, ditandai dengan pelayanan unggul, manajemen proaktif dan perilaku bisnis yang sehat.

Toko buku ini sangat lengkap, dan banyak beragam buku yang tersedia di toko ini dengan tema hobi, humor, filsafat, keagamaan, hingga politik. Selain mempunyai jaringan toko buku terbesar, toko buku gramedia juga memperhatikan komputerisasi pada web sitenya sehingga memudahkan para pelanggannya untuk mencari buku yang sedang dibutuhkan, serta pelanggan dapat langsung memesan buku dengan mengetahui harga  buku tersebut tanpa keluar rumah untuk mengunjungi toko tersebut.

Jadi pada website gramedia terdapat komputasi modern nya, dimana pelanggan dapat melakukan pemesanan, Serta pelanggan dapat membuat akun menjadi anggota, karena untuk melakukan transaksi, pelanggan harus mendaftar terlebih dahulu membuat akun pribadinya. Selain itu dapat melakukan pembayaran langsung secara online melalui kartu kredit master card dan visa card, dan internet banking BCA.

Berikut ini website toko buku gramedia online :



tampilan di atas merupakan profile dari toko gramedia online, menjelaskan tentang latar belakang perusahaan dan testimonial dapat dilihat pada halaman ini.


tampilan diatas merupakan home pada website gramedia. Terdapat pilihan menu produk  yang sudah dikategorikan, yaitu buku, audio video & games, music & sport, stationary, fancy, computer, dan elektronik.




Kedua tampilan diatas digunakan untuk melakukan register dan login. Pelanggan dapat melakukan register untuk membuat akun, serta dapat masuk login sebagai anggota sebelum melakukan belanja, contoh tampilan halaman login dan register.




tampilan diatas merupakan kumpulan produk yang sudah dikategorikan. Pelanggan dapat memilih produk yang diinginkan, jika tertarik dengan produk tersebut, pindahkan ke add to cart. Dan jika pelanggan sudah selesai memilih produk dapat melakukan pembayaran.

Adapun cara untuk berbelanja dan pembayaran pada website ini :
  • Klik pada kolom ‘Add to Cart’, maka produk masuk ke Tas Belanja
  • Untuk mengedit pesanan klik ‘Edit Shopping Cart’, pada menu ini Anda dapat mengubah Qty pesanan atau membatalkan dengan melakukan checklist pada kolom ‘Remove’ dan klik ‘Clear’ untuk membatalkan seluruh pesanan
  • Untuk  mengetahui perkiraan biaya pengiriman, isi kolom ‘Enter City’ (ketik beberapa huruf pertama nama kota, jangan diketik lengkap nama kota karna tidak akan muncul), & klik ‘Go’
  • Klik ‘Update Cart’ untuk mengupdate data pesanan
  • Klik ‘Keep Shopping’ untuk melanjutkan belanja
  • Klik ‘Checkout’ jika telah selesai memilih produk yang ingn dibeli
  • Registrasi dengan mengisi ‘Address’
  • Shipping : pilih jenis pengiriman
  • Review: list produk yang dibeli
  • Payment : pilih jenis pembayaran
  • Receipt: total pembelian, dan nomor pemesanan
  • Klik’Place Your Order’ jika telah selesai belanja
  • Lakukan pembayaran & konfirmasi pembayaran jika telah melakukan pembayaran pada link http://www.gramediaonline.com/payconfirm.cfm

jika anda masih bingung untuk melakukan shopping cart serta cara transaksi, dapat lihat pada website tersebut pada link how to buy / how to pay.


sumber referensi :

Rabu, 23 Januari 2013

Tugas Resume Proposal Support Jaringan Warnet – PT. MANIAC NET

Mata Kuliah : Pengantar Bisnis Informatika

Nama Anggota:
- Nurul Fajarini (54409402)
- Aldi Reinaldi (55409433)
- Rahma Maulida (55409872)
- Daniel Maruli (55409241)
- Ridho Anugrah (51409569)
- M Ridwan Humaldy (56409692)

Kelas : 4IA23

DOSEN : RINA NOVIANA 



Dengan didirikanya PT Maniac  Net yaitu sebagai penyedia jasa layanan internetmemberikan jasa koneksi internet dengan harga murah dan kecepatan aksesnya lebih. PT maniac  Net menyediakan solusi layanan koneksi internet yang cocok untuk Internet Cafe, Perusahaan, Kantor Pemerintahan, Sekolah .
Pada skema jaringan LAN disistem ini menggunakan topologi star,  terdapat sebuah terminal pusat (hub/switch) yang mengatur dan mengendalikan semua kegiatan komunikasi data. 


Kelebihan dari maniac net menggunakan topologi star :
·         Kerusakan pada satu saluran hanya akan memengaruhi jaringan pada saluran tersebut dan station yang terpaut.
·         Tingkat keamanan termasuk tinggi.
·         Tahan terhadap lalu lintas jaringan yang sibuk.
·         Penambahan dan pengurangan station dapat dilakukan dengan mudah.
·         Akses Kontrol terpusat.
·         Kemudahan deteksi dan isolasi kesalahan/kerusakan pengelolaan jaringan.
·         Paling fleksibel.

kekuranganya yaitu :

·   Boros dalam pemakaian kabel.
·   HUB jadi elemen kritis karena kontrol terpusat
·   Peran hub sangat sensitif sehinga ketika terdapat masalah dengan hub maka jaringan tersebut akan down.
·   Jaringan tergantung pada terminal pusat.
·   Jika menggunakan switch dan lalu lintas data padat dapat menyebabkan jaringan lambat.
·   Biaya jaringan lebih mahal dari pada bus atau ring.

Pada jaringan Local Area Network (LAN) mengandung perangkat keras dan perangkat lunak. 
Perangkat keras computer diantaranya yaitu komputer Radius Server, komputer WEB Server, komputer Biling Server, PC Remote Client, komputer Router, PC Client.

Perangkat lunak computer diantaranya yaitu Perangkat Lunak Komputer Radius Server, Perangkat Lunak PC Client

Dan  media komunikasi jaringan yang digunakan antara lain :
1.    Switch
Switch yaitu perangkat yang digunakan untuk menghubungkan node yang satu dengan node yang lainnya sehingga terbentuklah suatu jaringan. PT Maniac Net enggunakan tiga buah Switch Hub, Switch Hub pertama Cissco Catalyst 2900 series XL 24 port menghubungkan antara router dengan server dan dengan switch yang lainnya
2. Kabel dan Konektor
Kabel Unshielded Twisted Pair (UTP) cat 5e dengan konektor RJ-45.


Dan Total Anggaran Biaya      = Rp 100.500.000

Untuk pemecahan masalah yang terjadi pada PT Maniac Net pada topologi star dapat diatasi dengan mengganti piranti hub dengan switch kerena switch merupakan konsetrator yang memiliki manajemen trafik data lebih baik di bandingkan hub.


sumber referensi :

http://id.wikipedia.org/wiki/Topologi_bintang

http://oinkseterez.wordpress.com/2010/11/08/proposal-admin-support-jaringan-warnet-pt-sentosa-net/

Senin, 31 Desember 2012

Proposal Support Jaringan Warnet – PT. Maniac Net




Mata Kuliah : Pengantar Bisnis Informatika
Nama Anggota:
- Nurul Fajarini (54409402)
- Aldi Reinaldi (55409433)
- Rahma Maulida (55409872)
- Daniel Maruli (55409241)
- Ridho Anugrah (51409569)
- M Ridwan Humaldy (56409692)

Kelas : 4IA23

DOSEN : RINA NOVIANA 


1. PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
perkembangan teknologi informasi saat ini semakin berkembang dengan pesat. Teknologi informasi berkembang cepat dengan meningkatnya perkembangan komputer dengan piranti pendukungnya serta perkembangan teknologi komunikasi. Dengan berkembangnya teknologi tersebut, masyarakat semakin canggih dan  teknik, visi dan misi, dan menyusun siasat sehingga dapat menyesuaikan dengan dengan laju perkembangan teknologi. Teknologi Informasi memegang peranan terdepan dalam pembinaan Sumber Daya Manusia (SDM) sangat berperan dalam kehidupan sehari-hari. Dimana perkembangan komputer dapat mempermudah manusia untuk mencari sesuatu atau mengerjakan sesuatu melalui teknologi tersebut.
1.2    Tujuan
Tujuan didirikannya PT Maniac  Net yaitu sebagai penyedia jasa layanan internet memberikan jasa koneksi internet dengan harga murah dan kecepatan aksesnya lebih. PT maniac  Net menyediakan solusi layanan koneksi internet yang cocok untuk Internet Cafe, Perusahaan, Kantor Pemerintahan, Sekolah .
1.3    Ruang Lingkup
Ruang lingkup pada pembuatan proposal ini yaitu permasalahan jaringan LAN (local area network) pada kantor dan warnet game station PT Maniac Net, , konektivitas antara komputer yang satu dengan komputer yang lainnya dan spesifikasi hardware dan software komputer yang digunakan dalam jaringan.
2. Skema Jaringan
Pada skema jaringan LAN disistem ini menggunakan topologi star,  terdapat sebuah terminal pusat (hub/switch) yang mengatur dan mengendalikan semua kegiatan komunikasi data. Trafik data mengalir dari node ke terminal pusat dan diteruskan ke node (station) tujuan. Pada topologi ini terdapat kelebihannya yaitu simpul terpusat sehingga memudahkan untuk manajemen control. Terdapat juga kelemahanya, yaitu dapat terjadi collusion bila terjadi traffic data yang sangat tinggi.

Gambar I
Blok Diagram Jaringan LAN Komputer Kantor dan Warnet Game Station
PT Maniac Net 
Keterangan dari gambar blok diagram jaringan LAN (local area network) pada kantor dan warnet game station di PT Sentosa Net diatas adalah sebagai berikut :
1.    Modem Radio berfungsi untuk mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital, modem radio terhubung ke PC router.
2.    PC Router pada blok diagram diatas berfungsi sebagai limit bandwidth, default gateway. Menggunakan 2 buah network interface card (NIC). NIC pertama dihubungkan pada modem radio. NIC ke dua di hubungkan ke switch CISSCO catalyst series XL 24 Port, yang membagi bandwidth ke host/client (workstation).
3.    Radius Server disini berfungsi sebagai mengatur akses WiFi (Wireless Fidelity)/ hotspot . Pada komputer Radius server terdapat satu network interface card (NIC).
4.    RT-RW Net Router berfungsi sebagai mengatur akses jaringan untuk client yang menggunakan atau berlangganan fasilitas rt-rw net. Pada komputer server terdapat satu network interface card (NIC).
5.    Web Server berfungsi menerima permintaan HTTP(Hyper Text Terminal Procol) dari klien yang dikenal dengan browser web dan mengirimkan kembali hasilnya dalam bentuk halaman – halaman web yang umumnya berbentuk dokumen HTML. Pada Komputer Web Server terdapat 1 network interface card (NIC).
6.    Remote Client disini berfungsi untuk meremote komputer router. Pada komputer remote client terdapat 1 network interface card (NIC).
7.    Billing server digunakan untuk mengetahui durasi dan biaya yang dikeluarkan oleh user ketika mengakses PC Client. Billing yang digunakan pada warnet dan game station PT. Shirin Indah Kirana (SHIRKANET) adalah Billing Explorer Deskpro 6 (2007) dengan 30 client. Pada billing server juga terdapat satu network interface card (NIC).
8.    Pada jaringan diatas terdapat workstation yaitu PC client. Dalam melakukan koneksi ke internet, PC client melewati router yang kemudian akan diteruskan ke Radio. Hal yang sama pun dilakukan apabila client ingin mengakses internet untuk game online.
Tabel I Spesifikasi TCP/IP







3.1 Spesifikasi Perangkat Keras

Pada jaringan Local Area Network (LAN) mengandung perangkat keras dan perangkat lunak. Perangkat keras komputer adalah semua bagian fisik computer dan perangkat lunak yang menyediakan instruksi buat perangkat keras untuk menyelesaikan tugasnya. Komputer server yang dipakai oleh kantor dan warnet game station PT Maniac Net mempunyai spesifikasi perangkat keras sebagai berikut :
Tabel II Spesifikasi Perangkat keras komputer Radius Server :

Tabel III Spesifikasi Perangkat keras komputer WEB Server

Tabel IV Spesifikasi Perangkat keras komputer Biling Server

Tabel V Spesifikasi Perangkat keras PC Remote Client


Router berfungsi untuk menghubungkan sejumlah LAN (local area network) atau traffic dari masing-masing LAN(local area network) yang terisolasi dengan baik. Router dapat menentukan jalur optimal antara dua sistem. Router yang digunakan di kantor dan warnet game station PT Maniac Net berupa perangkat keras komputer, spesifikasinya antara lain :
Tabel VI Spesifikasi Perangkat keras komputer Router:

Tabel VII Spesifikasi Perangkat keras PC Client

Di kantor dan warnet game station PT Maniac Net terdapat beberapa media komunikasi jaringan antara lain :
1.    Switch
Switch yaitu perangkat yang digunakan untuk menghubungkan node yang satu dengan node yang lainnya sehingga terbentuklah suatu jaringan. PT Maniac Net enggunakan tiga buah Switch Hub, Switch Hub pertama Cissco Catalyst 2900 series XL 24 port menghubungkan antara router dengan server dan dengan switch yang lainnya. Dua buah Switch Hub yang lainnya masing-masing D-Link 16 Port menghubungkan antara client dengan billing server.
2. Kabel dan Konektor
Kabel Unshielded Twisted Pair (UTP) cat 5e dengan konektor RJ-45.
3.2 Spesifikasi Perangkat Lunak
Perangkat lunak adalah program komputer yang isinya dapat diubah dengan mudah dan digunakan untuk mengontrol perangkat keras dan lain-lain. Perangkat lunak yang digunakan pada masing-masing PC di kantor dan warnet game station PT Maniac Net dapat saya jelaskan pada bebakan dijelaskan pada paragraf di bawah ini. Spesifikasi perangkat lunak pada komputer server antara lain :
Tabel VIII Spesifikasi Perangkat Lunak Komputer Radius Server

Tabel XI Spesifikasi Perangkat Lunak PC Client

3.3    Anggaran Biaya
•    Biaya Perangkat keras komputer Radius Server      = Rp. 5.500.000
•    Biaya Perangkat keras komputer WEB Server         =Rp. 4.000.000
•    Biaya Perangkat keras komputer Biling Server        =Rp 4.500.00
•    Perangkat keras PC Remote Client                        = Rp. 3.000.000
•    Perangkat keras komputer Router                         =Rp. 6.500.000
•    Perangkat keras PC Client                                       = Rp. 60.000.000 (15 PC)
•    Perangkat Lunak Komputer Radius Server                = Rp. 4.000.000
•    Perangkat Lunak Komputer WEB Server                   = Rp. 3.500.000
•    Perangkat Lunak Komputer Billing Server                 =Rp. 3.000.000
•    Perangkat Lunak Komputer Remote Client                = Rp. 3.000.000
•    Perangkat Lunak PC Client                                      = Rp. 3.500.000
Total Anggaran Biaya      = Rp 100.500.000
3.4 Time Table Pengerjaan Project

4. Masalah
4.1 Permasalahan Pokok
permasalahan-permasalahan yang ada pada kantor dan warnet game station PT Maniac Net yaitu :
1.    PC Client terkena virus sehingga tidak dapat di startup
2.    Beberapa online game seperti RF- Elven setelah mengalami maintenance server
3.    Terjadi collision bila traffic data cukup tinggi, semua komunikasi akan ditunda (kelemahan topologi star)
4.2    Pemecahan Masalah
Untuk pemecahan masalah yang terjadi pada PT Maniac Net pada topologi star dapat diatasi dengan mengganti piranti hub dengan switch kerena switch merupakan konsetrator yang memiliki manajemen trafik data lebih baik di bandingkan hub.

 sumber referensi: 
http://oinkseterez.wordpress.com/2010/11/08/proposal-admin-support-jaringan-warnet-pt-sentosa-net/