Minggu, 02 Juni 2013

Parallel Processing


Nurul Fajarini
54409402
4IA23


Komputasi modern
Komputasi modern adalah perhitungan yang menggunakan komputer canggih dimana pada computer tersebut tersimpan sejumlah algoritma untuk menyelesaikan masalah perhitungan secara efektif dan efisien.

paralel processing
paralel processing adalah suatu program yang dijalankan secara simultan dengan menggunakan lebih dari satu CPU untuk menjalankannya, sehingga program dapat berjalan lebih cepat karena menggunakan lebih dari satu CPU.

Tujuanya adalah untuk mempercepat penyelesaian dalam suatu pekerjaan, karena dapat bisa dilakukan secara bersamaan dalam waktu yang sama.

Komputasi parallel
Komputasi parallel adalah teknik yang dilakukan untuk melakukan komputasi menggunakan beberapa computer secara bersamaan. Computer-komputer tersebut dihubungkan dengan jaringan sehingga dapat dihubungkan secara parallel dan dapat menyelesaikan suatu masalah.

Komputasi paralel membutuhkan:
  1. ·                    Algoritma
  2. ·         bahasa pemrograman
  3. ·         compiler 

Paralel prosessing komputasi
adalah proses komputasi di komputer dengan memakai suatu bahasa pemrograman yang dijalankan secara paralel pada saat bersamaan.

Perbedaan antara komputasi tunggal dengan parallel



Pada komputasi tunggal terdapat satu CPU, dan jika tugas atau instruksi terlalu banyak maka CPU akan mengerjakan atau memprosesnya secara satu persatu, sehingga membutuhkan waktu yang lama dan akan menimbulkan antrian.











Pada komputasi parallel terdapat lebih dari satu CPU, dan jika tugas atau instruksi terlalu banyak maka CPU akan mengerjakan atau memprosesnya dengan membagi tugas, sehinggadapat dikerjakan dengan cepat dan mempercepat waktu penyelesaian.

Hubungan komputasi modern dengan parallel processing
Sangat berkaitan hubungannya antara komputasi modern dengan parallel processing, karena dengan menggunakan system komputasi modern sangat cepat dan efisien dibandingkan secara manual, terutama dengan menggunakan teknik parallel processing akan semakin cepat dalam menyelesaikan suatu pekerjaan. Suatu komputasi modern disertai dengan parallel processing semakin diterapkan sehari-harinya, cara meningkatkan system ini adalah dengan mengupgrade prosessor dan meningkatkan perangkat keras agar kinerja computer semakin efisien dan cepat meyelesaikan tugas.

referensi:
http://www.scribd.com/doc/32982265/Parallel-Processing
http://qodel.blogspot.com/2011/04/parallel-processing.html
http://bagusonthespot.blogspot.com/2012/04/parallel-processing.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar